SOAL SEMESTERAN PAI-2 C

Standar

SOAL SEMESTERAN PAI-2 C

Mata Kuliah : Sejarah Peradaban Islam I

Kelas : PAI-2 C

Kode : INS-1111

Bobot : 2 SKS

Dosen : M. Rikza Chamami, MSI

Tgl : 20 – 06 – 2008

Ketentuan:

Semua soal dikerjakan dengan benar dan detail di lembar jawaban

Jawaban menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan kaidah ilmiah (kalau mengutip pendapat tokoh diwajibkan menyebutkannya sebagai kejujuran akademik)

Diperbolehkan membuka catatan

Haram bekerjasama, dan apabila ditemukan jawaban yang mirip (baik dari penyusunan kata maupun improvisasi jawaban), tidak ada toleransi dari Dosen. Dan mahasiswa dinyatakan GUGUR dalam tes semester.

SOAL

1. Evidensi sejarah khulafa’ur rasyidin diwarnai dengan peperangan dan pembunuhan khalifah. Walau demikian kejayaan Islam masa khulafa’ur rasyidin (634-660) mampu melakukan ekspansi ke berbagai daerah. Sebutkan daerah yang dikuasai masing-masing khalifah! Dan kenapa harus dengan cara perang? Padahal Islam adalah agama yang cintai damai dan humanis!

2. Piagam Madinah (al-Waşā’iq al-‘Udzmā) diakui sebagai simbol perjanjian damai antar umat beragama di dunia. Apa latar belakang (politik, ekonomi dan sosial) yang dibangun Nabi dalam mengeluarkan piagam tersebut? Bagaimana respon non-Muslim di Madinah?

3. Peristiwa tahkim (arbitrase) antara Ali dan Mu’awiyah yang terjadi pada hari Rabu bulan Safar tahun 37 H mempunyai makna sejarah yang beragam. Apa isi dari tahkim tersebut? Terbagi menjadi berapa sekte umat Islam saat itu? Sebutkan beserta akidah-akidahnya (implikasi politik & teologi)? Buatkan bagan secara singkat!

4. Islam sangat berkembang di Spanyol sejak masa Daulah Umayyah berkuasa. Jelaskan apa perkembangan Islam Spanyol dan siapa tokoh-tokoh yang berjasa?

5. Dari makalah yang Saudara presentasikan di kelas, apa yang anda pahami tentang substansi makalah itu? Jelaskan!

– – oOo – –

Selamat Mengerjakan, Semoga Sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s